Ngantuk Bukan Berarti Kurang Tidur

Mengapa kita sering mengantuk pada saat memulai aktivitas di pagi hari? Misalnya pas lagi belajar di sekolah.
Padahal tidur udah cukup.
Jawabannya adalah, karena "polusi"!
Kok ga nyambung si?
So let’s check it out!

Alasan mengapa seringkali kita merasa mengantuk karena kita kekurangan asupan Oksigen(O2) di dalam otak. Tanpa disadari bahwa setiap kita pergi berangkat sekolah, kita sering menjumpai berbagai macam polutan seperti ; CO, SOx, NOx dan berbagai macam polutan lainnya yg kebanyakan dari kendaraan bermotor. Dalam penjelasan ini, saya fokus terlebih dahulu mengenai polutan dari hasil pembakaran yg tidak sempurna yaitu "gas CO".
Gas CO ini sangat berbahaya bagi kita . Jika kita menghirupnya maka senyawa CO akan berikatan dengan hemoglobin(Hb) di dalam darah. Hemoglobin ini bertugas mengikat O2 di dlm darah dan mengalirkannya ke seluruh tubuh (termasuk ke dalam otak kita) .


Lanjut!!
Jika gas CO banyak kita hirup, maka semua gas CO itu akan berikatan dengan hemoglobin dan membentuk HbCO dan O2 yg terikat semakin sedikit, sehinga kita kekurangan asupan O2 di dalam tubuh .

Sebaiknya pada saat kita berada di daerah yang penuh dengan polutan seperti di jalan raya, maka gunakanlah masker penutup atau penyaring udara. Kemudian untuk asupan nutrisi O2 di dlm otak, sesering mungkin kita meminum air mineral (lebih baiknya air yg mengandung O2 dalam kemasan botol), dan bangun di waktu pagi hari untuk menghirup udara segar.

Nah! dari kesimpulan tadi dapat disimpulkan bahwa penyebab mengapa kita sering mengantuk adalah karena kekurangan O2 dan karena polutan CO sebagai akibat gas CO yang makin banyak terikat oleh hemoglobin di dalam darah, bukan hanya karena kurang tidur.
Sekian ulasan dari saya!
Semoga bermanfaat!

3 komentar:

Komentar di sini!